Kursus Privat google Adwords, Belajar Sampai Bisa!

Cara Buat iklan di Google dengan Efektif & Efisien

Home / Search Engine Optimization (SEO) / Keyword Sudah di Halaman 1 Tapi Kenapa Website Masih Sepi

Keyword Sudah di Halaman 1 Tapi Kenapa Website Masih Sepi

/
/
58 Views

Keyword Sudah di Halaman 1 Tapi Kenapa Website Masih Sepi

Suda menulis konten yang berkualitas, mengoptimasi SEO dengan cara yang benar, dan mempromosikan situs milik anda tapi kenapa masih sepi pengunjung ya? Tapi, ada situs yang jarang dipromosikan, optimasinya tidak terlalu bagus dan kontennya juga biasa saja malah memiliki pengunjung yang sangat banyak.

Kenapa bisa begitu ya ?

Mungkin itulah pertanyaan yang sering menghantui para blogger dan pemain SEO ketika kebingungan menaikan trafik suatu website, padahal mereka sudah melakukan semua hal yang biasa digunakan untuk mendatangkan pengunjung.

Sebenarnya ada banyak hal yang mempengaruhi jumlah trafik atau pengunjung suatu website, walaupun situs anda sudah berada dihalaman pertama tapi bukan berarti langsung kebanjiran pengunjung loh.

Nah…. Berikut ini beberapa ulasan yang bisa menjawab pertanyaan kenapa situs anda masih sepi padahal sudah melakukan optimasi dengan baik, silakan disimak ya :

Salah Memilih Keyword

Memang benar situs anda sudah dihalaman pertama, bahkan sudah berada di peringkat 1 sesuai dengan kata kunci yang anda bidik, tapi apakah kata kunci yang anda bidik itu memiliki banyak pencari ?

Banyak pebisnis online merasa senang ketika melihat websitenya berada di halaman pertama, tapi mereka lupa menganalisa kata kunci yang mereka pilih. Tidak mungkin website anda bisa memiliki banyak pengunjung, sedangkan kata kunci yang anda pilih saja sepi pencarinya.

Maka dari itu, biasakan untuk melakukan riset keyword terlebih dahulu jangan asal menggunakan insting. Gunakan berbagai tools yang tersedia seperti Keyword Planner, Uber suggest, dan lainnya.

SEO itu Butuh Proses

Penyebab lainnya, mungkin anda beranggapan setelah menerapkan semua metode SEO maka situs anda langsung kebanjiran pengunjung dari semalam. Hal itu mungkin saja terjadi tapi membutuhkan proses yang cukup panjang, karena SEO itu bukan metode mendatangkan trafik dalam semalam.

Butuh waktu kurang lebih 2-4 bulan untuk melihat peningkatan trafik hasil dari penerapan SEO . Terkadang, anda juga harus merasakan sedikit “Google Dance” artinya website anda bisa saja turun ke halaman belakang, kemudian naik kembali secara bertahap.

Kamu harus rajin terus mengupdate – trend itu bisa berubah bahkan dalam hitungan menit. Dan jangan salahkan saya kalau ujung-ujungnya kamu bekerja lebih keras dibandingkan media online lain.

Isi Konten yang Membosankan

Website yang membosankan sudah pasti langsung ditinggal oleh pengunjung. Maka dari itu, sangat disarankan membuat tulisan yang informatif dan berbobot sehingga pengunjung senang berada di website anda.

Selain itu, anda juga bisa membuat konten yang sedang trend saat ini untuk menjaga stabilitas trafik website anda. Silakan buka Google trend dan lihat berita yang sedang booming setiap harinya.

Judul dan Deskripsi yang Biasa Saja

Salah satu alasan pengunjung mau datang ke website anda adalah karena memiliki judul yang menarik. Kenapa begitu ? karena yang terindex dan terbaca oleh Google adalah bagian judul dan deskripisi konten pada situs anda.

Contohnya, jika anda membuat konten tentang bisnis online dengan judul “Cara menghasilkan uang dari internet” mungkin saja website anda akan muncul di halaman pertama, tapi pengunjung akan melihat biasa saja dan jarang ada yang mau klik karena judulnya sudah terlalu pasaran.

Coba deh, anda ganti judulnya menjadi “ Cara Cepat Menghasilkan Uang Rp 1 Juta dari Internet dalam Seminggu”

Lihat, judul tersebut bukan hanya menarik tapi mampu memancing emosi pembaca. Siapa sih yang tidak mau punya uang Rp 1 juta dalam seminggu, pasti semua orang mau dong. Metode ini juga sering disebut “Click Bait”, silakan terapkan metode ini untuk judul konten pada situs anda.

Semua pakar digital marketing sependapat jika judul merupakan faktor penting dalam membuat konten, baik itu konten yang bersifat umum ataupun konten marketing yang bertujuan untuk mempromosikan suatu produk.

Selain judul, anda juga harus menulis meta description yang menarik tapi tetap mengandung kata kunci. Buat deskripsi yang berisi penjelasan singkat tapi jangan menggunakan kata penutup sehingga dapat membuat pengunjung penasaran dan akhirnya mengklik situs anda.

Misalkan anda membahas tentang panduan cara menulis artikel, maka anda bisa membuat deskripsi : “Artikel merupakan salah satu unsur penting untuk memancing pengunjung ke website anda. Sebenarnya membuat artikel tidak terlalu sulit, berikut ini cara kilat menulis artikel 500 kata dalam 10 menit…..”

Halaman Situs Mengalami Eror

Ini nih salah satu penyebab yang rawan terjadi tapi jarang diperhatikan yaitu terjadi eror pada situs atau halaman website yang dibuka oleh pengunjung. Ada banyak penyebabnya seperti terjadi kesalahan pada file website, isi situs atau halaman yang dibuka sudah dihapus, link yang dibuka mengarah ke halaman situs lain, dan lainnya.

Jika terjadi masalah eror seperti ini, maka anda harus memiliki pemahaman seputar eror pada website karena setiap kode eror memiliki penyelesaian yang berbeda-beda.

Website Dibobol Hacker

Cobalah cek satu per satu halaman situs anda, bisa jadi salah satunya dibobol oleh hacker sehingga tidak bisa dibuka atau malah hilang sama sekali. Cara mengatasinya dengan melakukan pemeriksaan pada file halaman website anda yang dihack, tapi jika anda tidak memiliki kemampuan di bidang pemograman sebaiknya langsung hapus saja halaman yang dihack.

Terindikasi Mengandung Backlink Spam

Hal terakhir yang harus anda waspadai adalah adanya indikasi penanaman backlink spam pada situs anda. Mungkin saja situs anda bisa masuk ke halaman pertama Google dan bertahan selama 2 minggu, tapi selanjutnya situs anda hilang dari peredaran mesin pencari karena ditendang oleh Google.

Maka dari itu cek semua backlink website anda secara rutin dan jika ada backlink spam segera laporkan menggunakan fitur “disavow link” yang ada di Google Webmaster Tools. Jangan sampai ada satupun link spam yang tertinggal agar tidak memberikan efek yang buruk pada situs anda.

Loading Website Terlalu Lama

Salah satu faktor penting yang memiliki pengaruh cukup besar terhadap kenyamanan pengunjung adalah loading website. Karena jika loading website terlalu lama dapat membuat pengunjung bosan dan akhirnya langsung menutup situs anda.

Loading website merupakan salah satu faktor UX yang harus diperhatikan oleh seluruh pemilik website. Anda boleh saja membuat website dengan template yang bagus tapi jangan sampai template tersebut malah memberatkan loading website anda.

Sekarang ini sudah banyak tools online untuk menganalisa kecepatan loading website anda seperti GTMetrix, Majestic, dll.

Dengan mengamati setiap permasalahan diatas, maka anda bisa mengetahui penyebab kenapa blog atau website anda masih sepi pengunjung padahal sudah banyak kata kunci yang masuk ke halaman 1 Google. Segera lakukan perubahan pada situs anda jika terdapat salah satu kesalahan yang ada di atas agar website anda tetap bertahan di halaman pertama Google dan pengunjung atau trafik semakin bertambah.

It is main inner container footer text
Chat Whatsapp