Kursus Privat google Adwords, Belajar Sampai Bisa!

Cara Buat iklan di Google dengan Efektif & Efisien

Home / Internet Marketing / Tips Promosi Online untuk Mempromosikan Produk Digital

Tips Promosi Online untuk Mempromosikan Produk Digital

/
/
84 Views

Tips Promosi Online untuk Mempromosikan Produk Digital

Sekarang ini, hampir semua ranah bisnis konvensional berpindah haluan ke bisnis online. Di Indonesia sendiri jumlah pebinis online sangat banyak dan terus bertambah setiap harinya. Masalah penghasilan jangan ditanya lagi, tidak sedikit pelaku bisnis online yang mampu menghasilkan jutaan hingga milyaran rupiah per bulan.

Apa saja jenis bisnis online ?

Ada berbagai macam jenis bisnis online yang bisa dijadikan sumber pemasukan seperti Affiliate marketing, dropship, blogger, dan toko online. Namun, ada salah satu jenis bisnis online dimana anda tidak perlu repot memiliki stok produk yaitu menjual produk digital.

Produk digital itu sendiri merupakan produk yang bersifat non fisik tapi sangat dibutuhkan oleh banyak orang dari berbagai bidang. Contoh produk digital diantranya adalah software, antivirus, ebook, dan chip game online.

Setiap produk digital memiliki target pasar yang berbeda. Jika anda ingin memperoleh hasil yang melimpah, maka tentukan segmen pasar yang tepat untuk produk digital milik anda sehingga cepat terjual.

Bagimana cara memilih produk digital yang bagus dan bisa laris dipasaran ?

Dalam menentukan produk digital yang tepat untuk dijual, sebaiknya anda simak beberapa kondisi atau trigger berikut ini :

  • Kebutuhan (coba anda riset produk digital seperti apa yang dibutuhkan banyak orang)
  • Masalah (masalah seperti apa yang bisa diselesaikan oleh produk digital milik anda)
  • Segmen pasar
  • Kualitas
  • Harga

Jika dari produk digital anda memenuhi trigger diatas, berarti anda sudah siap untuk menjual produk digital. Jangan sampai anda hanya mencari produk digital yang sekiranya bagus kemudian langsung dijual tanpa melakukan riset terlebih dahulu, karena sayang banget kan sudah berusaha keras menjual tapi yang beli hanya sedikit.

Kenapa pebisnis online lainnya mampu menjual ratusan produk digital setiap harinya, sedangkan saya tidak ?

Kebanyakan penjual produk digital yang sukses menjual ratusan produk setiap harinya sangat jeli dalam melihat 5 kondisi diatas sebelum memilih produk digital yang akan dijual, sehingga ketika produknya luancing, boomm….langsung laris dipasaran dan menjadi best seller.

Apa saja kelebihan menjual produk digital dibandingkan produk fisik ? berikut ini ulasannya :

  • Tanpa harus stok produk, anda bisa menjual 1 produk untuk banyak penjualan karena produk digital tinggal diduplicate saja.
  • Tidak perlu mengeluarkan banyak biaya promosi, karena bisa menggunakan metode JV (Join Venture) atau kerjasama dan juga memanfaatkan fitur periklanan yang ada di internet.
  • Anda tidak perlu bingung mengurus pengiriman, karena proses pengiriman produk digital dikemas melalui link download.
  • Penjualan produk digital bisa berjalan secara otomatis selama 24 jam non stop, karena dunia maya tidak pernah tidur.
  • Bisa dikerjakan kapan pun dan dimanapun
  • Sistem pembayaran yang mudah karena pembeli tinggal melakukan transfer pembayaran dan produk digital bisa didownload.
  • Anda bisa menentukan harga jual produk digital buatan anda sendiri
  • Bebas waktu karena tidak terikat dengan banyak peraturan
  • Tidak perlu takut dibanned seperti yang terjadi pada bisnis online lainnya (CPA, PPC, PPD, dan lainnya)
  • Semua kontorl bisnis dipegang penuh oleh anda sendiri tanpa ada pengaruh dari pihak lain

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan menjual produk digital. Nah, bagiamana jika anda tidak memiliki skill untuk membuat produk digital ?

Tenang saja, sekarang ini sudah banyak situs penyedia produk digital dimana anda bisa bergabung menjadi affiliate sehingga bisa mendapatkan komisi setaip terjadi transaksi penjualan.

Berikut ini beberapa situs yang menyediakan produk digital untuk dijual :

  • Tradebit
  • Clickbank
  • Ratakan (marketplace produk digital Indonesia)
  • Idaff
  • Amazon

Namun, jika anda ingin membuat sendiri produk digital tapi masih kesulitan untuk mencari ide, tidak perlu bingung, berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan:

  • Silakan anda lihat produk digital yang ada di marketplace produk digital diatas
  • Kemudian, anda pilih salah satu produk digital lalu cek jumlah pencarinya di keyword planner atau menggunakan keyword tool lainnya.
  • Setelah itu, buat materi dalam format digital seperti ebook, audio dan video.
  • Buat halaman untuk mempromosikan produk anda, umumnya berupa website sales page
  • Promosikan produk digital buatan anda

Supaya produk digital anda laku terjual dengan cepat, sebaiknya simak tips promosi online untuk mempromosikan produk digital berikut ini :

Berikan Secara Gratis

Siapa sih yang tidak tertarik ketika mendengar kata “Gratis” ? semua orang akan melirik ketika diberikan sesuatu yang gratis, apapun itu. Anda bisa memberikan sesuatu secara gratis yang masih berkaitan dengan produk digital yang anda jual.

Misalkan, anda menjual software antivirus, maka anda bisa memberikan ebook gratis “menjaga komputer agar terhindar dari serangan virus”, lalu dibagian ebook tersebut berikan penawaran software antivirus yang anda tawarkan.

Penawaran Bombastis dengan Waktu Terbatas

Anda bisa memberikan promo yang menarik untuk pengunjung, tapi waktunya dibatasi. Contoh : “Promo Heboh, Dapatkan Software Antivirus Seharga Rp 2 juta hanya dengan membayar Rp 1 juta saja…. Promo ini berlaku sampai nanti malam jam 23.00 Wib”

Waktu yang terbatas dapat memaksa pengunjung untuk segera mengambil keputusan. Biasanya terjadi gejolak batin, antara beli atau tidak, dan biasanya pengunjung akan merasa “sayang” jika tidak segera membeli produk tersebut.

Joint Venture (Kerja Sama)

Setiap produk digital umumnya saling terkait satu dengan yang lainnya. Maka dari itu, anda bisa menggunakan metode joint venture dengan para penjual produk digital lainnya yang memiliki banyak data base pembeli dan tentunya sudah mampu menjual banyak produk setiap harinya.

Anda bisa menawarkan sistem bagi hasil yang menarik kepada mereka. Umumnya, untuk produk digital sistem pembagiannya 40% untuk anda dan 60% untuk mitra anda.

Manfaatkan Social Media

Social media merupakan situs yang paling banyak dikunjungi oleh pengguna internet. Tidak heran jika social media selalu menjadi sasaran para pelaku bisnis untuk memasarkan produk mereka, karena selain memiliki banyak pengunjung tingkat interaksi di social media juga sangat tinggi.

Hal ini membuktikan jika Social Media merupakan situs yang hidup bukan sekedar ramai pengunjung. Anda pun bisa memanfaatkan social media sebagai sarana beriklan.

Namun, perhatikan etika dalam menyebar link produk digital yang anda jual di social media. Tidak ada salahnya menyebar link tapi jangan sampai dianggap spam. Sebelum menyebar link produk digital, anda bisa terlebih dahulu menyebar link untuk mendownload produk digital secara gratis seperti ebook, software, audio dan lainnya.

Tapi, bagikan produk digital yang masih berhubungan atau relevan dengan produk digital yang anda jual.

Buatlah sales page untuk produk gratis tersebut dengan memasukan kolom nama, nomor telepon, email dan alamat. Semua data tersebut bisa menjadi database pelanggan anda ketika ingin mempromosikan produk digital yang anda jual sehingga hasilnya jauh lebih efektif.

Tips promosi online untuk mempromosikan produk digital yang telah dijelaskan di atas harus dilakukan dengan benar untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Biasakan untuk mengukur hasil penjualan produk digital setiap harinya supaya anda dapat menganalisa kapan waktu penjualan menurun dan dicari penyebabnya. Selamat mencoba…!!!

It is main inner container footer text
Chat Whatsapp